UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 (Informasi Tersurat Teks)

UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 - Teks mengandung informasi baik tersurat maupun tersirat. Makna tersurat adalah adalah makna tertulis, eksplisit, atau tampk jelas dalam teks bacaan. Dapat pula dikatakan bahwa makna tersurat adalah makna yang secara langsung dinyatakan dalam teks bacaan. Nah. berikut di bawah ini adalah contoh soal UNBK dengan materi informasi tersurat dalam teks. Semoga materi dan contoh soal yang admin bagikan ini dapat bermanfaat.

1. Bacalah teks berikut!
Indonesia harus mampu menentukan harga timah dunia. Pasalnya, Indonesia merupakan produsen terbesar timah kedua di dunia. Indonesia menjadi penyumbang ekspor timah terbesar kedua setelah Tiongkok, yakni sekira 70%. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM, Ignasius Jonan, mengatakan bahwa Pemerintah sangat sulit peduli terhadap perdagangan timah sebagai sumber daya alam yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya, menginginkan harga yang wajar, tidak semata-mata dikendalikan oleh perdagangan dunia.


Menteri Jonan menuturkan bahwa keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) sangat penting. Pasalnya, BKDI dapat menjadi acuan harga timah dunia. Tidak hanya itu, BKDI dapat mengurangi perdagangan serta transaksi timah secara ilegal. Keberadaan bursa ini maksimal mungkin dapat menekan kegiatan perdagangan dan transaksi timah secara ilegal.


Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi paragraf pertama bacaan adalah ....
A. Mengapa Indonesia menjadi penyumbang ekspor timah terbesar kedua setelah Tiongkok?
B. Bagaimana cara Pemerintah menurunkan harga timah agar menjadi harga yang wajar?
C. Mengapa Indonesia harus mampu menentukan harga timah dunia?
D. Bagaimana cara Menteri Ignasius Jonan menentukan harga timah dunia di Indonesia?

Jawaban: C
Pembahasan_ Paragraf pertama bacaan membahas keinginan Pemerintah Indonesia yang disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, untuk menentukan harga timah dunia karena Indonesia merupakan produsen terbesar timah kedua. Jadi, pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf pertama terdapat pada pilihan jawaban C. Kata tanya mengapa berfungsi untuk menanyakan alasan atau penyebab masalah.

2. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua bacaan adalah ....
A. Keberadaan Bursa Komoditas dan Deritafatif (BKDI) sangat penting karena lembaga tersebut dapat menentukan harga timah dunia.
B. Keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) sangat penting karena lembaga tersebut dapat menjadi acuan harga timah dunia.
C. Keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) tidak dapat mengurangi transaksi timah secara ilegal.
D. Keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) menimgkatkan transaksi timah secara ilegal.

Jawaban: B
Pembahasan_ Informasi-informasi yang terdapat dalam paragraf kedua bacaan sebagai berikut.
  1. Menteri Jonan menuturkan bahwa keberadaan Bursa Komoditas dan Derifatif (BKDI) sangat penting.
  2. Pasalnya, BKDI dapat menjadi acuan harga timah dunia. 
  3. Tidak hanya itu, BKDI juga dapat mengurangi perdagangan serta transaksi timah secara ilegal.
  4. Keberadaan bursa ini semaksimal mungkin dapat menekan kegiatan perdagangan dan transaksi timah secara ilegal.
Jadi, pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua bacaan terdapat pada pilihan jawaban B. Pernyataan tersebut sesuai dengan isi informasi 2.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang UNBK Bahasa Indonesia materi informasi tersurat teks. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 (Informasi Tersurat Teks)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel