UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 (Simpulan Pendapat Pro/Kontra)

Simpulan pendapat pro/kontra dapat berupa persetujuan penulis dan ketidaksetujuan penulis terhadap masalah yang dibahas. Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Untuk memudahkan menyimpulkan paragraf, kalian harus mencari ide-ide pokok tiap-tiap paragraf terlebih dahulu. Selanjutnya kalian meringkas ide tersebut menjadi satu kalimat.

Simpulan dapat berupa kalimat tanggapan kritis. Tanggapan kritis merupakan tanggapan (komentar) seseorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis. Dalam mengemukakan tanggapan, seseorang harus tajam menganalisis masalah. Selain itu, ia harus peka terhadap masalah yang ada Tanggapan kritis tersebut dapat berupa kritik dukungan pernyataan setuju atau tidak setuju tentang baik buruknya suatu masalah disertai alasan logis. Alasan tersebut harus memberi dukungan atau solusi permasalahan yang dibahas.



Pendapat pro disebut tanggapan kritis positif. Pendapat pro berupa persetujuan, dukungan, optimistis, dan pujian. Sebaliknya, pendapat kontra disebut tanggapan kritis negatif. Pendapat kontra berupa penolakan, kritik, pesimistis, dan keprihatinan. Pendapat pro dan kontra dapat disimpulkan.

1. Bacalah paragraf berikut.
1) Narkoba sudah ditetapkan sebagai kejahatan luar biasa. 2) Sayangnya, dukungan anggaran terhadap Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai ujung tombak perang terhadap narkoba justru dipotong. 3) Pemotongan ini beralasan untuk efisiensi anggaran. 4) Tahun ini anggaran APBN untuk BNN dipotong dari Rp1,9 triliun menjadi Rp1,3 triliun.

Simpulan berupa ketidaksetujuan penulis berdasarkan paragraf tersebut ditunjukkan angka ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

Jawaban: C
Pembahasan_ Paragraf tersebut membahas anggaran Badan Narkotika Nasional yang dipotong. Ketidaksetujuan penulis terhadap masalah tersebut terdapat pada kalimat 2). Penulis tidak menyetujui jika anggaran BNN dipotong karena narkoba sudah ditetapkan sebagai kejahatan luar biasa. 

2. Bacalah paragraf berikut.
1) Uni Eropa (EU) dan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mengundang mahasiswa di kawasan Asia Tenggara untuk mendaftar program beasiswa SHARE periode keempat. 2) Beasiswa tersebut ditawarkan untuk menempuh studi di perguruan tinggi di wilayah Asia Tenggara atau Eropa selama satu semester selama periode Desember 2017 sampai Agustus 2018. 3) Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama khusus ASEAN dan Uni Eropa. 4) Program beasiswa ini merupakan program yang tepat karena dapat membantu pelajar yang kurang mampu.

Simpulan yang berupa persetujuan penulis dalam paragraf tersebut ditunjukkan angka ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

Jawaban: A
Pembahasan_ Pernyataan yang menunjukkan persetujuan atau dukungan penulis terdapat pada kalimat 4). Kalimat 4) menunjukkan persetujuan penulis terhadap program beasiswa SHARE. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

Demikianlah yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat siswa kelas 9 yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini. Sukses selalu buat kalian. Cuntorio.com

Belum ada Komentar untuk "UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 (Simpulan Pendapat Pro/Kontra)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel